Rabu, 05 Juni 2013

Friendship

Adik sepupu gue bertanya ke gue

"Kak suka film kartun binatang?"
"Suka, kenapa?"
"Yang Kakak suka apa?"
"Madagascar, Ice Age, Lion King, banyak"
"Sama Kak aku juga suka Madagascar sama Ice Age.."

Dalam hati ("iyalah secara elo dan gue nonton perdana film itu bareng")

Yang mau gue bahas disini adalah bukan tentang hasil dari dialog gue dan ade sepupu gue itu. Yang pengen gue ceritain adalah tentang salah satu judul film yang gue sebut didialog gue bersama ade sepupu gue itu.

Pas gue nyebut Madagascar, gue langsung keinget salah satu adegan yang paling paling paling suka! Ya, adegan yang menurut gue sweet abis tentang persahabatan si Alex dan Marty. Kalau ada yang belum pernah nonton, Alex itu seekor singa si Marty zebra.

Ada adegan di film kedua mereka yang judulnya Escape 2 Africa dimana si Marty lagi ngambek ke si Alex, Marty ga main sama Alex, dia milih gabung sama teman-teman zebranya yang lain yang jumlahnya hampir ratusan. Terus si Alex ini datang nyamperin si Marty pengen minta maaf sama sekalian pengen minta tolong ke Marty. Nah, dia bingung mana yang Marty, namanya juga kerumunan zebra, bentuk dan semua warna mereka sama. Si Alex teriak-teriak..

"Marty Marty dimana kamu? aku tahu kau mendengarku, Marty jawablah aku."
Si Alex teriak ke kerumunan zebra yang jumlahnya ratusan itu ceritanya.

Terus sebenarnya si Marty ini emang ada dalam kerumunan zebra itu, dan dia juga denger, tapi karena dia lagi ngambek dia ga mau nyaut, dia milih tetap diam dan jadi kaya zebra-zebra lainnya yang ga peduliin Alex yang lagi teriak-teriak.

Alex terus teriak, sampe akhirnya dia nyerah. Dia jalan pengen ninggalin kerumunan itu, terus akhirnya dia balik badan dan bilang "Aku tahu kau disana, aku tahu kau mendengarku, aku minta maaf soal bla bla bla..."

Pokoknya pas Alex lagi ngucap kata maaf gitu tiba-tiba dia berenti ngomong, "aku melihatmu! ya kau disana! kau yang berada bla bla bla bla, itu kau! Marty!"

Terus si Marty kaget dan nengok ke si Alex, Alex senyum senang, akhirnya dia bisa nemuin mana Marty.

Terus si Marty nanya "bagaimana kau mengenali ini aku?"

"Karena zebra yang lainnya memiliki belang hitam putih, sedangkan kau satu-satunya yang memiliki belang putih hitam."

Nangkep ga?

Jelas-jelas warna semua zebra sama. Mau kita bilangnya belang putih hitam ataupun hitam putih semua, itu sama aja, warna mereka belang. Tapi disitu Alex ngomong kaya gitu dengan maksud, Marty satu-satunya yang berbeda dari zebra yang lainnya, karena Marty sahabatnya. Dia bisa ngenalin Marty diantara ratusan zebra lainnya yang punya bentuk dan warna sama kaya Marty karena Marty sahabatnya. Sahabat yang punya warna sama dengan zebra lainnya belang hitam putih, tapi bagi Alex warna Marty belang putih hitam.

Ya, karena kalimat terakhir itu gue suka adegan itu. That sweet for me. Friendship..

Adegan Marty dan ALex diatas itu kurang lebih kaya gitu, kalau ditonton ga kaya gitu persis dialog sebenarnya.

Dalam film animasi yang mengambil tokoh hewan kebanyakan memberi pesan tentang persahabatan. Yang meskipun berbeda (berbeda jenis spesies) mereka tetap bisa membuat satu kesatuan, kumpulan, bersahabat, berteman, berpetualang bersama. Friendship..

Ice Age juga, di tulisan tentang kebahagiaan gue cerita dialog Diego tentang Sid yang menurut gue juga sweet banget. Well, sampai kapanpun gue akan tetap jadi penggemar film-film animasi. Engga selalu film-film animasi itu film yang dikhususkan untuk anak-anak, andaikan lebih teliti lagi, film-film animasi kaya gitu yang bisa mengingatkan kita akan sesuatu yang hampir kita lupain dalam proses kedewasaan kita.

Kita boleh beranjak menjadi dewasa, berpikir dewasa, bertingkah dewasa, tapi jiwa anak-anak dalam diri kita ga boleh hilang, karena itu satu-satunya yang membuat kita untuk selalu bisa menikmati kehidupan ini.

Itulah pesan Spongebob yang gue tangkep di lagunya pas adegan akhirnya dia berhasil ngancurin helm-helm buatan Plankton di film Spongebob The Movie "bebaskanlah jiwa anak-anak dalam dirimu." Salah satu penggalan liriknya.

So, thank Disney-Pixar, DreamWorks, Blue Sky, yang sudah memproduksi banyak film animasi yang membuat gue dan sepupu kecil gue juga keluarga besar gue berkumpul bersama menontonya. Yah, film apalagi yang bisa ditonton satu keluarga rame-rame dan bisa ngerti semua selain film animasi kan?

Banyak hal yang gue pelajari secara tidak langsung, dalam semua film animasi, dan pelajaran yang selalu, selalu, selalu, selalu, gue terima disemua film adalah...

Sebuah akhir selalu indah. Pasti indah.

0 komentar:

Posting Komentar

 

(c)2009 Dian Mahardika. Based in Wordpress by wpthemesfree Created by Templates for Blogger