Kamis, 18 November 2010

Frame Work Marketing

FRAME WORK MAKETING
Produk yang akan dijadikan contoh: Shampoo Sunsilk soft&smooth
Marketing adalah suatu kegiatan penyaluran/pemasaran barang atau jasa dari produsen ke konsumen. Ada tiga faktor utama marketing, yaitu Strategy, Tactic, dan Value.
  •   Stategy (how to win the maket), mencakup :
1.      Segmentasi: Pengidentifikasian dan menganalisis para pembeli di pasar produk, menganalisa perbedaan antara pembeli di pasar. Contoh: bagian pemasaran shampoo sunsilk yang bertugas turun langsung ke ‘lapangan’ melakukan survey tentang apa yang sekarang sedang di butuhkan para konsumen shampoo, shampoo yang seperti apa yang menurut mereka patut mereka beli, itu akan dicari tahu dan di analisis oleh si bagian pemasaran yang turun langsung ke lapangan tersebut.
2.      Targeting: Pasar yang akan dilayani perusahaan, sasaran pasar perlu ditetapkan terlebih dahulu agar srtategi dan program pemasaran lebih terarah. Target pemasaran memberikan fokus perhatian untuk semua kegiatan pemasaran. Contoh: target dari shampoo sunslik soft&smooth adalah mereka para wanita yang memiliki masalah rambut gampang kusut, kasar dan kering.
3.      Positioning: Merancang atribut-atribut fungsional dan nonfungsional produk (fisik maupun persepsi) yang ditawarkan perusahaan sesuai dengan pandangan relatif konsumen dan berbeda terhadap produk pesaing. Contoh: bungkus warna shampoo sunsilk soft&smooth adalah kuning, dikalangan para konsumen wanita telah melekat dalam pikiran mereka ketika melihat shampoo berbungkus kuning mereka akan langsung tahu bahwa itu shampoo sunsilk yang fungsinya melembutkan rambut. Shampoo sunsilk ada berbagai macam varian dan dibedakan dengan warna. Walaupun sebenarnya bukan hanya shampoo sunsilk soft&smooth saja yang berbungkus kuning tapi entah mengapa kami (saya pun termasuk karna saya seorang wanita) setiap pergi ke tempat perbelanjaan dan berkunjung ke rak shampoo ketika melihat warna kuning kami tahu itu dia “sunsilk”. J
  •   Tactic (how to win penetrate the market), mencakup :
1.      Selling: Memberikan informasi tentang produk/menawarkan produk kepada konsumen dan menjualnya. Dalam bentuk produk ataupun jasa. Contoh: Penjualan shampoo sunsilk soft&smoooth.
2.      Marketing Mix: Empat komponen dalam pemasaran yang terdiri dari 4P, yaitu Product, Price, Place, dan Promotion. Contoh: menghitung berapa biaya produksi shampoo sunsilk soft&smooth lalu menetapkan harga untuk shampoo sunsilk soft&smooth, menentukan dimana shampoo sunsilk soft&smooth akan disebar untuk dijual, setelahnya melakukan promosi/iklan dimana-mana mengenai produk sunsilk soft&smooth.
3.      Diferensiasi: Semua upaya yang dilakukan perusahaan untuk menciptakan perbedaan diantara pesaing dengan tujuan memberikan nilai yang terbaik untuk konsumen. Contoh: dunia persaingan makin ketat, produsen shampoo sunsilk berusaha terus agar produk mereka tetap jadi yang pertama di kalangan wanita yaitu dengan cara bekerja sama dengan para pakar rambut terkenal. Hal tersebut berhasil membuat para konsumen yang telah terlebih dahulu mengkonsumsi produk sunsilk makin yakin dan percaya akan kelebihan produk dan menarik perhatian para konsumen shampoo lain akibat ide kerjasama yang baru-baru ini sunsilk iklankan itu. Shampoo sunsilk soft&smooth sendiri dipegang oleh pakar rambut Thomas Taw yang berasal dari London yang memang terkenal sebagai pakar perawatan rambut kering. Di bungkus belakang shampoo profil pakar rambut tersebut ditampilkan beserta foto dan tanda tanganya. Di iklan media elektronik Thomas Taw langsung yang mengiklankan shampoo sunsilk soft&smooth dibantu seorang artis Indonesia.
  •   Value (how to create emotional touch), mencakup :
1.      Brand: Nama, istilah, tanda, simbol desain atau kombinasi, yang dapat memberikan identitas barang dan membedakan dengan produk lain. Contoh: seperti yang tadi sempat saya bahas, bahwa warna kuning sebagai warna bungkus sunslik soft&smooth menjadi tanda pengenal produk ini. Simbol desain produk sunsilk sendiri adalah huruf “S” yang dibuat lebih ramping dan tanda titik dibawahnya.
2.      Proses: Berkaitan dengan perusahaan dalam pembuatan wadah, pembungkus, maupun pengangkut. Contoh: -
3.      Service: Service produk dapat dibedakan menurut pelayanan yang bisa diberikan kepada pelanggan, meliputi: pengiriman barang, pelatihan pelanggan, konsultasi, perbaikan. Contoh: disetiap belakang bungkus shampoo sunsilk soft&smooth tertera nomor “suara konsumen”, nomor yang diberikan untuk apabila ada keluhan, pertanyaan maupun aduan bisa menghubungi ke nomor tersebut. Nomornya ada yang bebas pulsa 0-800-1-558000, ada juga yang berbayar (bagi pengguna handphone) 021-52995299.

Sekian artikel ini saya buat, maaf bila ada kekurangan, kesalahan ataupun kekeliruan. Terimakasih. ;)


0 komentar:

Posting Komentar

 

(c)2009 Dian Mahardika. Based in Wordpress by wpthemesfree Created by Templates for Blogger